artikel
ini dikutip dari panduanim.com
Hanya ada 1 pertanyaan
besar yang saya yakin semua blogger di dunia ini pasti ingin tahu jawabannya:
Bagaimana sih caranya supaya blog kita sukses?
Anda juga pasti
demikian.
Kemudian mulailah
petualangan mencari ilmu dan informasi blogging.
Masalahnya ketika
mencari tips membuat blog di Google maupun forum komunitas, baaanyak sekali
informasi yang tidak jelas. Parahnya lagi, tips dari si A dan si B sampai
si Z seringkali bertentangan.
Tidak ada jawaban yang
pasti.
Dan kita tidak yakin
tips mana yang benar…mana yang salah.
Tapi, bagaimana kalau
anda bisa mendapatkan tips langsung dari para ahlinya? Dari mereka yang sudah
sukses membuat blog.
Untuk itulah saya
mewawancarai 24 blogger terbaik di Indonesia dengan 1 pertanyaan ini:
“Apa strategi paling
ampuh untuk mempercepat perkembangan blog baru?”
Dan jawabannya, luar
biasa…artikel ini mungkin akan jadi satu-satunya panduan yang anda
perlukan untuk bisa membuat blog yang sukses seperti mereka.
Para blogger yang berpartisipasi:
Inilah daftar blogger
yang berpartisipasi memberikan strategi terbaiknya.
Silahkan pilih nama
blog (berdasarkan alfabet) yang ingin anda baca kemudian klik untuk
langsung menuju jawaban dari wawancaranya.
Atau langsung baca
secara berurutan:
Tips Membuat Blog
yang Sukses
Diurutkan berdasarkan waktu diterimanya jawaban dari tiap blogger.
1. Konten
Strategi pertama
tentunya memaksimalkan konten di dalam blog kita terlebih dahulu.
Membangun konten di
blog kita jangan semata-mata berdasarkan jumlah pencari keywords tertentu, tapi
lebih ke manfaat konten dan cara penyajiannya di blog.
Navigasi blog kita
juga berpengaruh.
Satu konten
berkualitas tanpa menawarkan links ke artikel terkait pasti hasilnya kurang
maksimal. Dengan navigasi yg baik, kita bisa arahkan audiens utk membaca
artikel lain yg berhubungan dengan artikel yg baru dia baca.
2. Pemasaran
Pemasaran blog yg
biasa saya lakukan adalah dengan cara gratis dan berbayar.
·
Gratis: SEO, Media sosial (FB, Twitter, G+, Instagram), forum aktif
·
Berbayar: FB ads, Twitter ads, email list, memasang feed/links di blog2
terkenal dan punya visitor loyal.
Semua proses pemasaran
tersebut (free dan berbayar) dilakukan secara terus menerus. Kombinasi ke
semuanya itu bisa membuat blog jadi lebih cepat populer, baik di media sosial
maupun di search engine.
Berdasarkan pengalaman
saya, proses pemasaran ini akan sangat mudah bila kita punya tim. Kerja
sendirian pasti hasilnya gak maksimal.
3. Konsistensi
Apapun bisnisnya kalau
kita gak konsisten pasti tidak akan berkembang. Iya kan? Sama juga dengan
blogging, kalo ga konsisten ya tidak usah berharap banyak.
Berdasarkan pengalaman
saya, kalau kita konsisten dalam blogging, setidaknya dalam waktu 1 tahun blog
itu sudah menghasilkan banyak (uang) dan stabil.
Tapi bukan jaminan
akan terus begitu, kalau gak konsisten dan tidak ada inovasi maka blog terkenal
juga bisa colaps dan ‘terjun bebas’ trafiknya.
Dalam membuat konten,
usahakan
1. Menyasar 2 target sekaligus :
Pertama, manusia.
Selalu bayangkan
bagaimana konten Anda menjadi sebuah buku best seller di Gramedia (katanya sih
kalau laku minimal 3000 buku bisa disebut best seller), dibeli banyak orang dan
dibawa orang ke tempat tidur, dibaca sebelum tidur (karena saya selalu
terkenang masa kecil saya sering baca buku sebelum tidur).
Kedua, search engine.
Mengandung keyword yang anda target.
2. Memecahkan masalah penting yang dihadapi pembaca Anda, jika memungkinkan
Anda bisa mengubah hidup orang banyak lewat konten Anda dan membuat orang lain
lebih sukses.
3. Selalu punya target membuat konten yang terbaik di industry yang anda geluti.
Untuk memastikan
konten anda terus berkembang dan berevolusi dengan progresif, perhatikan
konsep 70 20 10:
70% konten basic/how
to/kebutuhan dasar (jenis konten yang biasanya akan membentuk branding anda).
20% konten yang sedikit mengambil risiko (yang potentially menjadi the next
70%) 10% konten high risk yang sama sekali baru.
4. Konsistensi.
5. Selalu mencari channel-channel baru, jika mendapatkan channel baru yang
belum saturated, segera naikkan budget Anda di channel tersebut.
6. Partnership untuk building brand. Bisa jadi brand yang anda bangun suatu
hari memiliki valuasi besar. Pada umumnya blog yang bukan personal brand
(nama-anda.com) selain lebih mudah untuk membangun partnership, juga lebih
mudah untuk mendorong UGC (user generated content).
7. Kalau bisa jangan terlalu nge-gank. Alias setiap bikin meetup atau nulis
konten hanya melibatkan/menulis tentang segelintir pelaku industry saja.
8. Selalu mencari dan meng-exploit / meng-close gap di industry dengan konten Anda (bahasa lain : memecahkan masalah)
9. Selalu mem-benchmark pada orang-orang di atas anda.
Misalnya jika saat ini
sudah punya cukup banyak uang dengan bekerja 3-4 jam sehari, cari tahu kenapa
& bagaimana caranya ada beberapa orang yang bekerja 16 jam sehari dan
memiliki perusahaan dengan nilai triliunan dalam 3 tahun.
(note : tips ini hanya
cocok untuk yang ingin change the world. Tidak cocok untuk
yang ingin hidup santai banyak uang).
10. Pahami berbagai macam bisnis model media (blog itu media kan?) termasuk kenapa beberapa media diakuisisi. kenapa
Amex mengakuisisi OpenForum? kenapa News Corp (Rupert Murdoch) mengakuisisi
VCCircle di India? kenapa BuzzFeed diinvest Andressen Horowitz? kenapa
TechCrunch diakuisisi AOL?
Dengan memahami ini
mindset anda akan lebih holistik.
1. Tema blog spesifik sesuai dengan niche market yg dibidik.
Sebagai contoh punya saya khusus tentang manajemen bisnis.
2. Diisi dengan konsisten, minimal seminggu sekali, syukur dua
kali, dan kalau bisa dijadwalkan misal tiap senin dan kamis….supaya
pembaca juga punya habit untuk datang ke blog kita. Karena selalu ada konten
baru.
3. Mutu tulisan harus bagus….bisa gaya penulisannya, atau memang
cara penyampaiannya, atau juga disertai data/teori/science yang mendukung
tulisan kita.
Baca lebih lanjut
alasan mengapa
StrategiManajemen terpilih sebagai blog bisnis terbaik se-Indonesia.
1. Promosi
di social media.
1. Konsisten, baik isi,
frekuensi, tampilan, panjangnya artikel, dan lain-lain.
2. Tinggalkan jejak
berupa link di situs yang populer.
Yang pertama pasti konten : pilih tema blog yang sempit dan paling dikuasai. Ini dikarenakan blog
akan berkembang jika ditulis secara kontinu, dan untuk kontinu jika kita
tidak menguasai tema maka akanstuck.
Yang kedua, buat diferensiasi : Topik konten boleh sama , namun cara penyajian dan sudut pandang analisis
pasti berbeda.
Yang ketiga : Buat tulisan yang baik karena saya hanya percaya bahwa Good news is
still a Good news. Sesuatu yang baik hanya berasal dari sesuatu yang baik juga.
Yang keempat : Pertahankan endurance menulis.
Yang kelima : Buat interaksi dengan pembaca.
1. Tulis dengan hati dan passion
Hal ini penting sebab
tanpa itu tulisan tidak akan bernyawa. Lek boso kerennya no soul dan ini dirasakan oleh pembaca.
2. Konsisten, tidak kenal putus asa
Jangan berhenti
menulis walau tidak ada pengunjung. Usahakan ada artikel setidaknya 1 artikel
perhari. Sebab jika sampai kosong hingga 3 hari…biasanya pengujung akan males
kembali
3. Buat tulisan yang memiliki karakter dan ciri khas
Tulisan kudu memiliki
karakter dan ciri yang tidak dimiliki Blogger lain. Mau boso gado-gado atau
pating pecotot ora masalah sebab justru ciri tersebut akan memberikan feel
berbeda.
Dari berbagai strategi
yang pernah saya baca dan direfleksikan dalam perjalanan saya mengelola 3
website (anakUI.com, blog pribadi,
dan ilovedigitalmarketing),
ini 3 strategi yang akan saya lakukan untuk meng-improve 3 blog ini (atau saat
membuat blog baru kelak).
1. Persiapkan strategi kontennya.
Cari/riset topik yang
akan ditulis sebanyak mungkin, sehingga kita punya stok topik yang beragam,
memastikan blog kita akan selalu update. Kekurangan 2 blog saya (blog pribadi
& ilovedigitalmarketing) adalah saya tidak melakukan langkah ini.
2. Formulasikan strategi traffic kita.
Dari mana blog kita
akan mendapat pembaca? Hal itu perlu dipikirkan dari day 1 kita memulai blog
kita.
Apakah kita bergabung
di komunitas sesuai dengan tema blog kita, apakah kita berteman dengan
influencer niche kita di social media, apakah kita mau mendapatkan traffic dari
organic search engine, apakah kita ingin membangun social media kita sendiri,
apakah mau bekerjasama dengan blogger lain (misalnya lewat newsletter email
mereka), dsb.
Kita harus punya
gambaran ini di awal, karena traffic tidak akan datang dengan sendirinya.
Seiring dengan perkembangan blog kita, kita bisa terus mencari strategi untuk
mengembangkan traffic kita.
3. Jangan ragu untuk berinvestasi lebih serius dengan meng-hire penulis
& editor.
Kalau kita mau serius
ngeblog (misalnya untuk membangun personal branding, atau untuk mendapatkan
earning, etc), jangan semua ditulis & dieksekusi sendiri, nanti kita tidak
punya waktu untuk memikirkan strategi pengembangan blog kita sendiri.
Dari pengalaman saya
di anakUI.com, saya menghemat waktu hingga 90% dengan membuat sistem
penulis-editor seperti ini, dengan kualitas yang bahkn lebih baik dari saat
saya sendiri mengurusnya.
Tips dari saya cukup
sederhana:
1. Blog yang kita tulis
harus memiliki ciri khasatau niche tersendiri
sehingga menarik untuk dibaca dan dicari orang.
Ciri khas ini juga
nanti menentukan saat tulisan kita masuk ke ranah google sehingga persaingan di
keyword tidak terlalu berat.
1. Memiliki blog artinya
kita adalah orang yang rajin menulis, makin rajin menulis maka akan makin update tulisan yang ada di blog kita
dan akan makin rajin orang yang berkunjung ke blog kita.
Rajin update juga
membuat blog kita memiliki nilai di mesin pencari.
1. Rajin menulis berarti
kita rajin membaca, kita hanya bisa
membuat tulisan menarik jika kita juga senang membaca.
Dengan rajin membaca
maka tulisan di blog akan selalu menarik dan update sehingga orang juga akan
tertarik untuk mengunjungi blog kita.
Berikut jawaban saya :
1. Pastikan Anda posting konten mendalam minimal 1.500 kata.
Frekuensi posting
tidak penting. Jumlah posting di blog saya hanya sekitar 30-an, tapi
rata-rata 2.000 kata.
Saya posting sebulan
sekali. Kadang 2 bulan sekali.. Tapi jumlah pengunjung selalu naik
(Pengunjung unik saat ini menuju 10.000 per-bulan)
Internet penuh dengan
konten dangkal. Jika Anda juga mempublikasikan konten dangkal, lalu apa
alasan orang mengunjungi blog Anda ?
2. Jadilah sumber informasi terlengkap.
Jika blog lain
mempublikasikan posting berjudul :
·
10 cara menambah jumlah followers
·
10 tips mempercepat pertumbuhan blog dari blogger terbaik Indonesia
Maka buatlah konten
berjudul
·
50 cara menambah jumlah followers
·
50 Tips mempercepat pertumbuhan blog dari 15 blogger terbaik Indonesia
Jika posting orang
lain tidak punya gambar, screenshot, atau data statistik pendukung, maka
Anda harus menambahkannya sebanyak mungkin ke dalam posting Anda tersebut.
Tentu ini kerja keras.
Makanya banyak blogger tidak melakukannya. Kalau Anda ikut-ikutan malas,
maka Anda pasti bernasib sama seperti mereka.
3. Buat daftar blogger dan influencer media social yang punya banyak
pengikut.
Kutip/link ke posting
blogger populer, atau tweet dari influencer dalam setiap posting Anda.
Minimal Anda mengutip 5 orang per-posting
Kemudian kirim email
ke orang-orang tersebut agar mereka mau berbagi posting Anda dengan
pembaca atau pengikutnya (mereka dengan senang hati akan melakukannya).
Dalam pengalaman saya,
tidak ada cara instan. Satu-satunya cara untuk menonjol diantara puluhan ribu
blog adalah kerja keras.
Kabar
baiknya, hampir semua blogger malas menulis konten minimal 1.500 kata.
jadi Anda punya peluang besar untuk menang jika Anda mau melakukannya.
Ada banyak cara untuk
mempercepat perkembangan blog baru. Dari pengalaman saya pribadi mengembangkan
Blogguebo.com, 3 hal inilah yang saya lakukan:
1. Menulis artikel TERBAIK yang benar-benar dibutuhkan pembaca kita.
Tidak cukup sekedar
menulis artikel original (bukan copy-paste), atau sekedar rutin up-date.
Tulislah artikel yang benar-benar memberikan solusi atas masalah yang mungkin
dihadapi pembaca blog kita.
Misal: jika ceruk
(niche) blog kita adalah bagaimana cara mendapatkan uang dari aktivitas
blogging, tulislah artikel mendalam tentang tahap-tahap mengoptimasi blog kita
agar bisa mendapatkan banyak pengunjung dan tentu saja banyak penghasilan.
2. Membangun komunitas pembaca diseputar topik blog kita.
Media sosial seperti
Facebook dan Twitter bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan exposure blog kita
(dan pada gilirannya meningkatkan jumlah pembaca blog kita).
Buatlah Facebook Fan
Page sebagai sarana membangun komunitas pembaca yang tertarik dengan topik yang
kita tulis di blog kita. Meskipun boleh dibilang relatif lambat dibanding cara
yang lain, namun menciptakan komunitas sebaiknya dimulai sejak awal saat
membangun blog kita.
3. Membuat kontes untuk mempercepat perkembangan blog.
Saya sendiri melakukan
strategi ini di awal-awal membangun Blogguebo.com.
Ada banyak pilihan
kontes yang bisa kita adakan. Saya sendiri memilih kontes review blog (tentu
saja Blogguebo.com) dengan hadiah yang cukup besar saat itu untuk menciptakan
efek “wow.”
Selain mendapatkan
exposure dan pembaca baru, kontes review blog yang saya adakan juga
menyumbangkan banyak backlinks dari peserta kontes yang memberikan tautan ke
Blogguebo.com.
Dari pengalaman saya,
kontes bisa menjadi salah satu cara cepat/pintas untuk meningkatkan jumlah
pengunjung blog kita.
1. Buat sesuatu yang berbeda
Konten berkualitas
saja tidak cukup untuk membuat blog bisa kamu cepat berkembang.
Di luar banyak
blogger-blogger yang mempublikasikan konten yang super duper keren. Jika kamu
tidak ingin blog kamu tenggelam di antara blog-blog lain, maka kamu harus mampu
membuat sesuatu yang berbeda, unik, lain daripada yang lain.
2. Jadi Diri Sendiri
Salah satu cara mudah
supaya bisa membuat sesuatu yang berbeda adalah dengan menjadi diri sendiri.
Nggak masalah jika
kamu ngeblog dengan topik yang basi karena sudah banyak yang bahas, asalkan
kamu mampu mengemasnya dengan caramu sendiri, dengan gayamu sendiri, dengan
pemahamanmu sendiri, maka blog kamu bakalan menjadi lain daripada yang lain.
3. Aktif di Facebook, Twitter, Google+, forum, dll.
Akan sangat sulit jika
kamu ngeblog hanya mengandalkan konten dan berharap pengunjung bakalan datang
dengan sendirinya.
Aktiflah
di Facebook, Twitter, Google+, forum, atau di mana saja yang kira-kira
calon pengunjung blog kamu sering manghabiskan waktunya.
Misalnya jika blog
kamu tentang otomotif, maka aktiflah di grup-grup facebook seputar otomotif
atau google+, twitter, dan juga forum-forum. Dan yang nggak kalah penting,
aktif juga di blog-blog lain yang membahas topik yang sama dengan rajin
meninggalkan komentar.
Budi Rahardjo — Padepokan Budi Rahardjo (Twitter)
1. Menulis yang sering
(yaitu setiap hari)
1. Tulisan asli buatan
dan berbeda dengan yang lain (yg mainstream),
2. Ajak (paksa) temen dan
keluarga untuk baca. he he he
Sebetulnya, semua
dikembalikan kepada tujuan kita membuat blog.
Saya melihat ada
banyak blogger yang justru terperangkap oleh ‘pendapatan online’ seperti
AdSense atau PPC yang lain.
Perangkap ini akan
membuat blogger menjadi budak keinginan Google: selalu mencari keyword,
onpage SEO sampai dengan mencari backlink yang gak penting buat artikel kita
bisa nge-rank di google.
Kalau dikembalikan
lagi ke istilah blogger, ya seharusnya mereka menulis apa yang mereka bisa.
Sharing apa yang menjadi keahlian, atau sekedar berbagi perspektif tentang apa
yang terjadi di dunia ini.
Apabila definisi
blogger dikembalikan seperti ini (bukan pencari dollar) maka 3 hal ini menjadi
sangat penting :
1. Ambil satu niche dan fokus
Sangat penting bagi
orang lain untuk tahu dia membaca blog anda untuk mencari informasi mengenai
apa. Oleh karena itu, blog yang isinya gado-gado, pada akhirnya hanya akan
mengandalkan traffic dari search engine.
Sedangkan blog yang
menguasai satu niche dan fokus disana, akan mendapatkan ‘branding’ yang lebih
tahan lama. Kekuatan ‘branding’ ini yang akan membuat blog kita mempunyai
otoritas dan integritas. Keduanya akan membentuk ‘trust’ yang membuat pembaca
akan percaya apapun yang kita tulis.
2. Design
Biar bagaimanapun
juga, pembaca memerlukan kenyamanan pada saat membaca blog kita. Apabila anda
ingin vsitor lebih banyak membaca informasi di blog, kurangi gambar yang tidak
berguna dan berikan manfaat yang banyak dari tulisan.
Desain harus bersih,
rapi dan terstruktur.
Berikan link ‘related
articles’ untuk mempertahankan visitor di blog anda. Beda lagi kalau blog anda
tentang photography atau graphic design misalnya, disini gambar-gambar menjadi
kekuatan utama. Walhasil, anda harus mengurangi kata-kata.
3. Lupakan SEO, tulis tentang passion anda.
Buat saya, SEO itu
menjebak. Lupakan saja.
Tulislah yang
menyenangkan buat anda.
Jadikan aktivitas
blogging menjadi menyenangkan. Ingat, yg kita bangun adalah otoritas dan
integritas. Kalau menulis menjadi aktivitas menyenangkan, menulis artikel
ribuan tidak akan berasa.
Apabila anda
men-outsourcing-kan artikel, anda akan merasa sangat kehilangan momentum.
Tulislah manual. Cintai blog anda sepenuhnya karena saya percaya pembaca bisa
membedakan artikel yang biasa saja dan artikel yang ditulis dengan sepenuh
hati.
Menurut saya 3
strategi sederhana namun ampuh untuk mempercepat perkembangan blog baru,
diantaranya:
1. Menyiapkan bahan konten
Sebelum membuat blog,
pertama kita harus menyiapkan “rencana bahan konten” yang sekiranya tidak akan
pernah habis. Perlu kita tahu, jika kita kehabisan bahan konten di tengah jalan
maka update artikel akan terhambat sehingga blog tidak akan bisa cepat tumbuh
besar dan tidak mampu bersaing di halaman pertama google. Dan semakin tinggi
trafik blog maka akan semakin banyak pula kebutuhan artikel unik yang harus
diupdate setiap hari agar trafik blog kita tidak jatuh.
Suatu saat nanti blog
kita akan semakin membesar dan memerlukan banyak konten yang bervariasi, oleh
karena itu kita harus mempersiapkannya dari sekarang dengan membuat blog yang
bisa diisi dengan konten apa saja. Tidak perlu pilih-pilih konten, yang penting
blog kita bisa bertrafik tinggi maka akan mudah untuk digunakan cari uang
dengan cara apapun.
2. Terus menulis artikel
Paksa diri kita untuk
terus menulis artikel. Biasanya para blogger pemula akan putus asa dan malas
update ketika melihat trafik blognya tidak bisa naik meskipun setiap hari
mereka rajin update artikel orisinil dan berkualitas. Padahal masalah seperti
itu juga dialami oleh semua blogger manapun yang ada di internet. Bahkan
website-website besar juga mengalami hal itu.
Pokoknya kita harus
mengusir rasa malas dan bisa memaksa diri kita untuk terus menulis
sebanyak-banyaknya di blog kita setiap hari. Kita tidak perlu berpikir trafik,
karena trafik akan datang sendiri tanpa kita minta jika jumlah artikel kita
telah banyak dan terus bertambah setiap hari.
3. Belajar dari blog lain yang sukses
Tidak ada blogger yang
sempurna, karenanya kita juga harus belajar dari blogger lain. Namun jangan
suka mencontek cara-cara blogger lain, tapi cari tahu bagaimana agar blog kita
bisa besar seperti mereka dengan menggunakan kemampuan yang ada pada diri kita
sendiri. Bisa jadi blog kita nantinya akan lebih besar dari mereka.
Jika kita menyadari,
sebenarnya website-website besar tersebut tidak berbeda dengan blog kita, yang
membedakan hanyalah mereka mampu update artikel orisinil dalam jumlah banyak
setiap harinya, dan itulah yang membuat website mereka menjadi website besar.
Sebagai solusi
terakhir adalah mempekerjakan karyawan penulis jika kita sudah tidak mampu lagi
memenuhi permintaan update artikel setiap hari di blog kita yang telah menjadi
besar. Dan tidak ada website besar yang hanya diupdate oleh satu orang saja.
Bagi saya, 3 strategi
untuk mempercepat perkembangan blog baru yang sudah pernah saya alami di
antaranya:
1. Tema Blog
Dengan tampilan yang
elegan dan enak dipadang, pembaca akan kerasan membaca artikel-artikel blog
kita.
Dengan tema yang
memiliki loading yang cepat maka akan semakin memudahkan pembaca untuk mencari
artikel yang diinginkannya. Sebuah tema blog tidak hanya memiliki tampilan yang
elegan, namun juga harus memiliki loading yang cepat.
Responsive dan mobile
friendly agar bisa mudah diakses dengan perangkat mobile yang kini penggunanya
semakin meningkat.
Valid HTML5, untuk
yang satu ini masih menjadi perdebatan sampai sekarang, namun saya yakin dengan
tema yang valid HTML5 atau memiliki lebih sedikit error validasi HTML5
akan semakin bersahabat dengan browser dan mesin pencari.
2. Domain dan hosting
Menurut saya domain
TLD dan self-hosting sangat berpengaruh pada kemajuan sebuah blog baru.
Ini adalah sebuah
faktor untuk memberikan kepercayaan pembaca maupun mesin pencari bahwa blog
blog dibangun dengan profesional dan sungguh-sungguh. Dengan begitu akan
semakin memberikan rasa percaya kepada pembaca bahwa konten yang dia baca
benar-benar bisa dipertanggung jawabkan dan bukan konten yang asal-asalan.
3. Konten dan Promosi
Terakhir yang bisa
mempercepat perkembangan sebuah blog adalah konten.
Karena akan menjadi percuma
sebuah blog meski sudah memenuhi 2 poin di atas tapi tidak memiliki konten.
Buat konten yang menarik yang berupa infrmasi yang segar. Perlu diingat, tidak
ada konten yang benar-benar original karena keterbatasan pengetahuan manusia.
Jadi untuk membuat
konten maka bisa dipastikan memerlukan referensi lain yang berkaitan dengan
konten yang sedang kita buat. Dengan begitu kita bisa membuat konten baru dari
beberapa referensi ehingga menjadi segar kembali dan lebih kaya materi sehingga
pembaca akan merasa puan dengan uraian kita.
Namun jika kita
berani, buatlah konten yang kontroversial (namun dapat dipertanggungjawabkan
kebenarannya) dengan begitu akan semakin menarik pembaca untuk mengetahui isi
konten tersebut.
Dan kalau bisa buatlah
postingan secara rutin dan sebarkan ke sosmed secara elegan sebagai bagian dari
promosi blog, karena untuk blog baru belum bisa mengandalkan hanya dari mesin
pencari namun kita juga harus mencari pembaca.
Akan lebih baik jika
kita memiliki modal, maka bisa mencoba dengan mengiklankan konten kita, bisa di
FB, Twitter, atau Adword.
1. Karena blog saya
adalah blog personal dan tidak terlalu mengandalkan visitor dari mesin pencari,
jadi saya berusaha membuat konten di blog semenarik mungkin.
Caranya adalah dengan
menyisipkan beberapa konten jenaka, atau bisa juga dengan gambar-gambar
ilustrasi yang sebisa mungkin bisa memancing senyum pembaca. Karena saya sadar,
humor adalah human interest yang paling ampuh.
1. Saya punya beberapa
blog, namun agusmulyadi.web.id adalah blog utama yang paling saya update
(mungkin karena itu blog personal), jadi di beberapa blog lain yg saya miliki,
saya selalu menaruh widget recent post dari feed blog utama di blog lain, sehingga ketika ada
yang membuka blog saya yg lain, kemungkinan bakal ada satu dua yang nyangkut
nyasar ke blog utama saya.
2. Jalin interaksi personal dengan pembaca. Itu yang paling penting. Saya selalu berusaha sebisa mungkin untuk bisa
berinteraksi dengan pembaca blog saya (entah lewat fanspage facebook, twitter,
ataupun di kolom komentar itu sendiri), terutama pembaca yang rutin memberikan
komentar.
Karena hal ini saya
rasakan cukup ampuh untuk membangun hubungan emosional antara blogger dan
pembaca. Dan hasilnya cukup bagus, mereka dengan sukarela selalu menjadi buzzer
blog saya, bahkan beberapa kali sampai ada beberapa pembaca yg mengirimkan saya
bingkisan atau mengajak saya ketemuan dan nraktir saya di rumah makan.
1. Jadi diri sendiri. Penting ini. Jadi kalau nulis artikel itu harus
punya ciri khas. Gak nyontek ciri khas orang lain.
Kalau blogku itu ciri
khasnya blak-blakan, sombong, tapi tetep asyik! Hahaha
2. Balas komentar dan rajin blogwalking. Ngeblog tanpa kedua hal itu sama saja
bikin website statis yang menurutku kurang berinteraksi dengan pembaca.
3. Jujur.
Dengan asumsi blog
baru adalah apabila sudah memiliki nama blog dan template yang menarik,
maka strategi dasar yang paling ampuh untuk mempercepat perkembangannya
menurut saya adalah:
1. Mengisi dengan konten yang banyak menarik minat orang,
sekaligus memiliki ciri khas atau keunikan.
Hal ini memang tidak
bisa serta-merta didapat, melainkan dengan banyak menulis. Karena
untuk menemukan ciri khas dalam menulis di blog memerlukan waktu. Maka
dari itu, untuk blog baru saya sarankan sering-sering update post
baru, supaya makin cepat menemukan gaya khasnya.
2. Blogging sebaiknya sejalan dengan blogwalking.
Keduanya sebaiknya dilakukan
bersama. Blogwalking banyak memberi manfaat, terutama untuk blog baru.
Blogwalking adalah salah satu cara memperkenalkan blog kita yang masih
hijau ke dunia blogger. Kita menyapa sesama blogger, membaca blog post,
mendapat pengetahuan baru, menjalin komunikasi dengan meninggalkan
komentar, dan sebagai bonus, link yang kita tinggalkan akan menjadi jejak
blogger yang kita kunjungi untuk dapat
berkunjung kembali ke blog kita.
berkunjung kembali ke blog kita.
3. Bergabung dengan banyak komunitas blogger.
Dengan menjalin
hubungan yang luas dengan sesama blogger, networking blog baru kita akan
cepat meluas.
Sewaktu saya membuat
blog dulu, sama sekali belum terpikir bahwa dari blog kita bisa mendapatkan
penghasilan. Jadi ya motivasi utamanya memang murni sebagai sarana untuk
curhat.
Tetapi kini situasinya
sudah jauh berubah.
Jadi dari awal mula
seseorang akan membuat blog, perlu dipikirkan hingga jauh, akan dibawa ke mana hubungan kita blog itu nantinya. Siapa target pembacanya, dan bagaimana rencana bisnis yang akan dijalankan
buat blognya tersebut.
Apakah ngejar page
view dan berharap penghasilan dari iklan pay per click, atau menjadi blogger
tukang review kayak saya, atau mau menjalankan bisnis afiliasi? Yang mana?
Karena ketiganya berbeda menurut saya dan berpengaruh pada gaya blog yang
dikelola.
Perlu diingat, nggak ada cara yang instan agar sebuah blog
mendapatkan pembaca yang loyal dan cukup banyak jumlahnya sehingga bisa
dikonversikan menjadi penghasilan buat pemiliknya.
Selama beberapa bulan
pertama, pastinya harus secara reguler mengisinya dengan konten yang bermutu. Belajar SEO juga
penting. Networking juga penting. Kenalan sama banyak blogger lainnya, bisa
jadi pembuka pintu rezeki buat kita. 

1. Konten yang berkualitas
Konten yang
berkualitas tentu saja akan membuat orang nyaman untuk membaca/menonton materi
yang ada di blog anda, saya adalah tipe orang yang mikir jangan asal bikin
blog cuma karena ingin mengincar traffic, kemudian isi postingan jadi keyword
semua, malah bikin orang ga nyaman.
Prinsip saya dari dulu
di IM adalah beri value sebanyak-banyaknya, maka profit akan mengikuti secara
natural nantinya.
2. Fokus pada niche tertentu, jangan general
Bangun brand anda.
Jadilah ‘mastah’ di bidang tertentu. Sehingga ketika orang berpikir tentang “A”
mereka akan datang ke anda.
3. Tidak perlu jadi yang terbaik, jadi yang paling beda
Sentuh sisi unik yang
bisa anda tonjolkan. Jadi yang terbaik itu susah, dan itu tidak anda perlukan.
Yang anda perlukan adalah jadi yang paling beda 

1. Sampaikan Konten yang bermanfaat.
Bermanfaat artinya
sesuai dengan kebutuhan pembaca. Karena itu, pemilik blog perlu memahami profil
pengunjung blog dengan baik.
2. Desain blog yang bagus akan menarik pengunjung.
Desain adalah elemen
penting karena pada dasarnya semua orang senang melihat desain yang baik.
Dengan meningkatnya akses via handphone, design mobile dalam blog sangat
penting. Pastikan blog bisa dibaca dengan nyaman dan diakses dengan cepat
melalui mobile phone.
3. Sampaikan konten yang orisinal.
Konten yang copy-paste
tidak akan bermanfaat buat pengunjung dan akan menurunkan kredibilitas Anda.
Lebih baik memastikan kualitas konten yang original dibandingkan sering mengisi
dengan konten yang tidak bermanfaat.
“Cara ampuh” itu
istilah yang lucu karena ngga ada yang pasti apalagi di dunia blogging, tapi
yang jelas sebuah blog itu kontennya harus konsisten, sering ada post baru, dan tulisannya relevan
untuk calon pembaca. Urusan jadi populer itu ya tergantung relevansi konten dan kemasan.
Contohnya
WowShack yang relatif masih baru tapi sudah cukup populer. Kontennya
hampir semua daur ulang dari mana-mana dan biasanya udah pernah dibaca
bertahun-tahun yang lalu tapi karena judulnya dibuat “menarik” dan dikemas
untuk dibagi, ya dia cepat populer.
Atau Hipwee yang
isinya ringan, menghibur, informatif, dan menggelitik. Ngga sampe enam bulan
udah punya traffic sejuta pageviews.
Itu dua contoh blog
yang cepat populer karena isinya bisa dibilang super ringan dan sangat
mendorong orang untuk share di mana-mana.
Kalau blog yang
kontennya serius dan ngga sensasional, biasanya jauh lebih sulit untuk jadi
populer dan pembacanya akan selalu terbatas ke yang memang punya minat di
bidang yang dibahas. Jadi perlu ada balance antara konten serius/bergizi dan ringan/snack dan untuk ini biasanya perlu sejumlah penulis yang punya latar, kebiasaan,
dan pendekatan blogging yang berbeda, sulit kalau cuma sendiri.
1. Quality Content
Bagaimanapun tampilan
sebuah blog jika tidak disertai dengan konten yang berkualitas, tidak akan
memberikan keuntungan yang berarti. Konten berkualitas hanya bisa lahir dari
riset yang serius terhadap kebutuhan pembaca dan trend pencarian di mesin
pencari populer.
2. Social Engagement
Ranah media sosial
sudah tidak bisa dinafikkan. Membangun social engagement dengan pembaca
merupakan sebuah syarat eksis tidaknya sebuah blog. Optimalkan pemanfaatan
semua media sosial terutama dalam menciptakan brand sebuah blog dan membangun
komunitas pembaca.
3. List Building
Ketika sebuah blog
sudah memiliki trafik, itu artinya Anda sudah bisa membangun komunitas pembaca
tetap melalui proses list building. Manjakan pelanggan blog Anda dengan konten
yang mereka butuhkan dan aneka informasi lain yang hanya didapatkan oleh mereka
yang menjadi subscriber.
Menurut saya blog baru
agar lebih cepat berkembang perlu konsisten mengupdate konten, minimal seminggu
sekali, kalau bisa lebih sering.
Lalu pemilik blog
perlu sering blogwalking, meninggalkan komen dan berinteraksi dengan blog-blog
lain.
Pemilik blog juga
perlu aktif di media sosial, terutama Google+ dan menyebarkan link blognya
setiap selesai mengupdate blog post baru.
1. Konten, Konten, Konten
Bahkan saat blog masih
amburadul alias desain masih apa adanya dan belum sesuai dengan keinginan Sang
Blogger, konten HARUS menjadi fokus utama. Seorang blogger memiliki tugas utama
menyajikan buah pikiran dalam bentuk tulisan/artikel (atau jenis konten
lainnya, misalnya gambar dan video, jika memang fokusnya ke situ juga).
Membangun blog diawali
dengan konten, BUKAN desain dan pernak-perniknya. Seorang blogger baru, atau
blogger yang memulai sebuah blog baru, pasti memiliki sedemikian banyak ide
yang ingin dituangkan ke dalam blognya, sesuai dengan konsep yang sudah
dipikirkan sebelumnya.
Persiapkan konsep.
Saya mau bawa blog ini k mana, fokus blog ini apa, apa niche-nya, target
pembaca seperti apa, lalu ejawantahkan dalam bentuk konten yang sesuai.
Tuangkan dan tulis konten sebanyak-banyaknya, selagi ide, pemikiran, dan konsep
itu masih segar. Perkaya konten dengan tidak meninggalkan sisi kualitas. Kejar,
menggilalah! Tuangkan sebanyak-banyaknya. Jangan pikirkan traffic, SEO, dan
tetek bengek lainnya.
Baru setelah proses
ini benar-benar memperkaya blog, fokus bisa sedikit demi sedikit dialihkan ke
aspek-aspek lainnya, misalnya memperkaya desain, fitur, mempermudah akses, dan
lain sebagainya.
2. Promosi, Promosi, Promosi
SEO bukan satu-satunya
jalan. Optimasi search engine hanyalah sekelumit ide untuk menambah popularitas
blog. Cara ini sudah banyak dibahas, sebagian dengan cara yang benar-benar
dengan proses, sebagian lagi menyajikan cara-cara instan ala blackhat SEO (yang
kandasnya juga instan pula). Saya tidak akan bahas ini lebih jauh.
Tapi pada dasarnya,
promosi terbaik dan nomor satu adalah konten itu sendiri. Konten mencerminkan
penulisnya. Yakini bahwa anda sudah menyajikan yang terbaik, pastikan. Jika
belum, perbaiki. Baru setelah itu terjunlah ke dunia khalayak online (netizen).
Perkenalkan diri anda di social media, kontak para blogger, sajikan solusi khas
anda dan blog anda.
Mainlah ke blog-blog
lain, bukan dalam rangka “tanam link”, tapi menjalin komunikasi yang
berkualitas dan dua arah. Terjun ke forum-forum, tanya dan jawab, Buatlah
keduanya seimbang, ada memberi dan menerima. Intinya, perkenal diri anda ke
khalayak sebagai “wakil” dari blog anda. Pastikan identitas blog selalu lekat
atau berkaitan erat dengan diri anda.
Jadi, kuncinya: Jika anda ingin mempromosikan dan meningkatkan
popularitas blog, cara terbaik adalah dengan “mempromosikan” diri anda sendiri
sebagai “dia” yang berada di balik blog Anda (authorship dan authority). Ini adalah cara paling efektif. Sekarang sudah bukan jamannya lagi blog
dengan pemilik anonim.
Akun personal serta
Fanpage Facebook dan Twitter menurut saya merupakan sinergi bagus untuk promosi
konten sekaligus berkomunikasi dengan khalayak dan blogger lain. Google Plus
lebih kepada upaya meningkatkan visibilitas dan promosi konten (share link), tapi
sejauh pengalaman, komunitas Google Plus kurang berkembang, entah karena
fitur-fiturnya yang “kurang friendly” (load lama, berat, diskusi kurang
efisien, dll) atau memang sudah kalah pamor dengan FB dan Twitter.
Pastikan akun-akun ini
terpampang di blog anda (dalam bentuk widget misalnya), agar pengunjung bisa
follow, like, dan sejenisnya. Sebagai hasil pengalaman, pengunjung yang suka
konten sebuah blog bisa dipastikan ingin mengikuti update dari blog itu ( meski
sembunyi-sembunyi
)

3. Rawat, Rawat, Rawat
Merawat blog adalah
“seni” tersendiri. Blog yang terurus akan menunjukkan bahwa blog tersebut
“hidup”. Salah satunya adalah dengan update konten. Frekuensi bisa anda
tentukan sendiri, yang terpenting adalah respon anda terhadap pembaca tidak
berhenti. Respon bisa berupa menjawab pertanyaan di komentar, mewujudkan
pertanyaan di komentar dalam bentuk artikel, menambah wacana-wacana atau ide
baru, dan lain sebagainya.
Merawat blog juga
berarti melakukan analisis perkembangan blog (dengan analytics maupun secara
manual). Apakah traffic naik atau turun? Apakah konten yang saya sajikan banyak
disukai? Kira-kira apa lagi yang diharapkan pengunjung dari blog saya? Apakah
dari sisi SEO ada perubahan (naik atau turun)? Apa saja yang perlu saya
perbaiki? Apa saja target yang sudah tercapai? Target baru apa lagi yang mesti
saya buat? Dan seterusnya… Buat pertanyaan-pertanyaan seputar perkembangan blog
dan jawab sendiri dengan solusi tindakan konkrit.
Merawat blog juga
memperhatikan kesehatannya, misalnya kecepatan akses, kondisi server (jika pake
hosting sendiri), dan faktor-faktor aksesibilitas lainnya (desain yang user
friendly, mobile-friendly). So, merawat blog juga berarti memperhatikan
kenyamanan pengunjung.
Wajar jika seorang
pengunjung lari jika akses blog lemot. Wajar jika seorang pengunjung risih
dengan widget-widget blog yang bergelantungan dan berterbangan kesana kemari.
Wajar jika pengunjung yang melihat blog bersih merasa betah. Masih banyak lagi
poin-poin serupa yang mesti diperhatikan. Hal demikian terkesan sepele, tapi
memiliki dampak luar biasa. Maka merawat blog adalah poin penting ketiga yang
saya kira tidak boleh luput dari perhatian, kapanpun juga.
Itulah semua tips dari para ahli!
Terima kasih yang
sebesar-besarnya kepada para blogger terbaik Indonesia yang bersedia
meluangkan waktunya untuk diwawancarai…meskipun oleh saya yang bukan
siapa-siapa.
Inilah semua tips yang
anda butuhkan untuk membuat blog yang sukses.
Semua tips pastinya sudah
teruji.
Maka dari
itu tidak ada alasan untuk ragu-ragu. Sekarang yang perlu anda lakukan
adalah mengaplikasikan tips ini ke blog anda sendiri.
1 hal lagi:
Ada beberapa tips yang
sepertinya bertentangan. Misalnya beberapa menyarankan tidak perlu terlalu
sering menerbitkan konten, ada juga yang menyarankan sebaiknya sering.
Mana yang benar?
Keduanya benar.
Tergantung dari jenis
blognya.
Jadi…lihat dulu jenis
blog yang mereka miliki, dan blog yang anda miliki.
Ingin berpartisipasi?
Apa tips blogging
paling efektif menurut anda? Tuliskan melalui komentar di bawah.
Tips yang menarik akan
saya sertakan dalam artikel ini.